Senin, 03 Oktober 2011

Terapi Bekam Cocok untuk Perokok


Terapi Bekam Sebagai Solusi Cerdas Mengatasi Radikal Bebas Akibat Rokok, karya Wahyudi Widada, S.Kp, M.Ked adalah buku kedua tentang bekam yang berhasil saya temukan di toko buku. Saya membelinya di Gramedia ITC BSD pada tanggal 24 September 2011. Melihat isinya, buku ini tergolong karya ilmiah, karena didasarkan pada penelitian terbaru dari penulisnya terhadap komponen darah.
Sel darah merah memiliki kemampuan deformabilitas, yaitu kemampuan sel darah merah untuk menyesuaikan diameternya selama melewati mikrovaskuler dan secara spontan kembali ke ukuran semula tanpa mengalami perubahan bentuk maupun fungsi. Namun kemampuan ini dapat berkurang jika sel darah merah mengalami kekurangan oksigen, yang itu bisa terjadi akibat asupan radikal bebas seperti polusi udara dan asap rokok.

Menurut hasil penelitian penulis, bekam terbukti berpengaruh terhadap peningkatan deformabilitas (elastisitas) sel darah merah pada perokok. Bekam juga terbukti memperbaiki sirkulasi di pembuluh darah kapiler dengan cara merangsang regenerasi sel darah merah sehingga dapat memperbaiki oksigenasi sel dan jaringan. Kemudian bekam terbukti dapat berfungsi sebagai antioksidan yang efektif mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan sedini mungkin.
Buku ini awalnya merupakan tesis penulis di program S2 Ilmu Kedokteran Dasar (Patobiologi) di Pascasarjana Unair tahun 2010. Kekurangan buku ini, banyak bagian yang tampaknya hanya copy and paste saja dari buku lain, tanpa diolah lagi, sehingga banyak terjadi pengulangan konsep dan definisi. []

1 komentar:

  1. saya salah satu murid les bekam beliau dan salah satu mahasiswa beliau. beliau sangat cerdas, sangat agamis, dan penelitiannya memang valid didasarkan pada sunnah Nabi.

    BalasHapus