Rabu, 14 September 2011

Hadis-Hadis tentang Bekam



Nabi Muhammad Saw merupakan insan yang pertama dibekam para malaikat dengan perintah Allah Swt sebelum isra dan mikraj. Berikut adalah hadis-hadis berkenaan dengan bekam atau hijamah.
1.       Penjelasan dalam hadis riwayat Ibnu Majah dari Katjir bin Salim, Rasulullah bercerita, “Selama aku berjalan pada malam isra-mikraj bersama para malaikat, mereka selalu berkata "Hai Muhammad, suruhlah umatmu berbekam." Sesaat setelah isra-mikraj, Rasulullah juga menyatakan, sebagaimana diriwayatkan Abdullah ibnu Mas'ud, bahwa ia tidak melewati sejumlah malaikat melainkan mereka semua menyuruh beliau dengan mengatakan, “Perintahkanlah umatmu untuk berbekam.” Bahkan dengan tegas, Nabi Muhammad menyatakan, “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal; dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku dengan besi panas.” (HR Bukhari).
2.       Sesungguhnya Rasulullah Saw pernah meminta berbekam padahal beliau sedang puasa. (HR Bukhari)
3.       Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam).” (Muttafaq 'alaihi, Sahih Bukhari (no. 2280) dan Sahih Muslim (no. 2214).
4.       Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al-hijamah.” (HR Ahmad, sahih).

5.       Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan." (Kitab Mukhtashar Muslim (no. 1480), Sahihul Jami' (no. 2128), dan Silsilah Hadis Sahih (no. 864), karya Imam al-Albani)
6.       Dari Ashim bin Umar bin Qatadah r.a., dia memberitahukan bahwa Jabir bin Abdullah r.a. pernah menjenguk al-Muqni r.a., dia bercerita, “ku tidak sembuh sehingga aku berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, 'Sesungguhnya di dalamnya terkandung kesembuhan'.” (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Ya'la, al-Hakim, al-Baihaqi)
7.       Dari Uqbah bin Amir r.a., Rasulullah Saw bersabda, " Ada tiga hal yang jika pada sesuatu ada kesembuhan, maka kesembuhan itu ada pada sayatan alat bekam atau minum madu atau membakar bagian yang sakit. Dan aku membenci pembakaran (sundutan api) dan tidak juga menyukainya." (HR Ahmad dalam Musnad-nya)
8.       Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah Saw bersabda, "Jika ada suatu kesembuhan pada obat-obat kalian maka hal itu ada pada sayatan alat bekam." Beliau bersabda, "Atau tegukan madu." (Kitab Kasyful Astaar 'an Zawaa-idil Bazar,karya al-Haitsami, III/388)
9.       Dari Ibnu Abbas r.a., Nabi Saw bersabda, "Orang yang paling baik adalah seorang tukang bekam (al-Hajjam) karena ia mengeluarkan darah kotor, meringankan otot kaku, dan mempertajam pandangan mata orang yang dibekamnya." (HR Tirmidzi, hasan gharib).
10.   Rasulullah Saw bersabda, “Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah berbekam.” (Sahih Sunan Ibnu Majah, karya Syaikh Al-Albani (II/259), Sahih Sunan Abu Dawud, karya Syaikh Al-Albani (II/731)).
11.   Dari Anas bin Malik r.a., Rasulullah Saw bersabda, "Kalian harus berbekam dan menggunakan al-qusthul bahri." (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, dan an-Nasai dalam kitab as-Sunan al-Kubra no. 7581).
12.   Dari Abdullah bin Mas'ud r.a., dia berkata, "Rasulullah Saw pernah menyampaikan sebuah hadis tentang malam di mana beliau diperjalankan bahwa beliau tidak melewati sejumlah malaikat melainkan mereka semua menyuruh beliau Saw dengan mengatakan, 'Perintahkanlah umatmu untuk berbekam'." (Sahih Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albani (II/20), hasan gharib).
13.   Pada malam aku diisrakan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata, "Wahai Muhammad, suruhlah umatmu melakukan bekam." (HR Sunan Abu Daud, Ibnu Majah, Sahih Jami'us Shaghir 2/731)
14.   Dari Ibnu 'Abbas r.a., Rasulullah Saw bersabda, "Tidaklah aku berjalan melewati segolongan malaikat pada malam aku diisrakan, melainkan mereka semua mengatakan kepadaku: 'Wahai Muhammad, engkau harus berbekam'." (Sahih Sunan Ibnu Majah, Syaikh al-Albani (II/259))
15.   Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah Saw bersabda, "Tidaklah aku melewati satu dari langit-langit yang ada melainkan para malaikat mengatakan, 'Hai Muhammad, perintahkan umatmu untuk berbekam, karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist, dan syuniz semacam tumbuh-tumbuhan'." (Kitab Kasyful Astaar 'an Zawaa-idil Bazar, karya al-Haitsami, III/388)
16.   Dari Jabir al-Muqni r.a., dia bercerita, "Aku tidak akan merasa sehat sehingga berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, 'Sesungguhnya pada bekam itu terdapat kesembuhan'." (Sahih Ibnu Hibban (III/440))
17.   Dari Anas r.a., Rasulullah Saw bersabda, 'Jika terjadi panas memuncak, maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang di antara kalian yang akan membunuhnya'." (Diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak, dari Anas r.a. secara marfu', beliau mensahihkannya yang diakui pula oleh adz-Dzahabi (IV/212))

[Diambil, diedit, dan ditambahkan dari http://al-hijamah.blogspot.com/2009/02/hadist-tentang-bekam.html]. Silakan  pembaca yang budiman memeriksanya secara langsung pada kitab-kitab yang disebut di atas.

5 komentar:

  1. Hi there would you mind stating which blog platform you're working with? I'm looking to start my
    own blog soon but I'm having a hard time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I'm looking for something completely
    unique. P.S Apologies for being off-topic but I had to ask!


    Feel free to surf to my website; vacature gemeente arnhem

    BalasHapus
  2. I really like looking through a post that will make men and women think.

    Also, many thanks for allowing me to comment!

    Feel free to surf to my weblog ... vakantiehuizen

    BalasHapus
  3. I like it when folks come together and share ideas. Great blog, continue the good work!


    My page - mijnvakantiehuisfrankrijk.wordpress.com

    BalasHapus
  4. After I initially left a comment I seem to have clicked on
    the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on each
    time a comment is added I receive four emails with the exact same comment.

    There has to be a means you are able to remove me from that service?
    Many thanks!

    My web blog: website

    BalasHapus
  5. I have learn a few just right stuff here. Definitely
    value bookmarking for revisiting. I surprise how a lot
    effort you place to make any such great informative website.


    my website - particuliere vakantiehuizen
    ()

    BalasHapus